ILMU PENGETAHUAN BAGAI CAHAYA DALAM GELAP

Sabtu, 14 November 2009

Aspek Genetika Preeklampsia

Setelah pengetahuan mengenai genetika manusia telah mencapai tahap lanjut, dan 97% dari gen manusia telah dipetakan melalui suatu proyek pemetaan gen. Penelitian tentang gen terus berlanjut, serta digunakan untuk mencari dasar-dasar penyakit manusia, sehingga diharapkan penelitian tentang gen ini dapat membantu hal tersebut. Telah diketahui pula bahwa banyak penyakit yang terjadi karena adanya suatu kerusakan pada gen seseorang. Perspektif terhadap penyakit atau ancaman kesehatan telah berubah, dimana penyakit disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor genetik dan lingkungan.

Penyakit dengan berbagai faktor penyebab dikenal dengan penyakit multifaktorial atau penyakit kompleks, dan preeklampsia merupakan salah satunya. Penyakit kompleks adalah fenotip yang tidak menunjukkan adanya sifat pewarisan dominan maupun resesif dari Mendel dari suatu lokus gen. Gen yang terlibat sangat bervariasi, baik dalam bentuknya yang berperan dalam kesehatan manusia dan perkembangannya. Walaupun tiap gen memiliki efek yang berbeda pada suatu individu, namun hal tersebut biasanya memiliki pola yang sama pada suatu populasi, serta memiliki peran penting terhadap kesehatan suatu kelompok masyarakat.

Secara umum, terdapat 2 pendekatan terhadap penyakit yang disebabkan oleh genetik, yaitu: bakal gen yang akan diteliti dapat dipelajari, gen yang dicari dari regio yang sebelumnya belum diketahui, atau gen tersebut telah diketahui sangat penting dalam terjadinya proses penyakit. Pada pendekatan pertama, gen sudah diketahui dan dapat dideskripsikan.

[fulltext pdf download]

0 komentar:

Poskan Komentar